Thursday, November 11, 2010

Cara Membuat Blog

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan se-detail mungkin cara membuat blog. Membuat blog pada dasarnya sangat mudah sekali. Registrasi dalam pembuatan blog kita hanya diharuskan untuk mempunyai akun email yang aktif. Namun, yang sulit adalah nanti kita 'mengurus' blog kita. Jadi, sebenarnya ada beberapa situs yang melayani untuk pembuatan blog gratis, ada Wordpress, Blogger, Blogsome dan masih banyak lagi. Namun kali ini saya hanya akan membahas cara pembuatan blog di Blogger saja sesuai yang saya pakai. Well, kita langsung saja.
1. Buka http://www.blogger.com maka akan nampak seperti dibawah :

Daftar Blog

Perhatikan pada pojok atas, disitu kita bisa memilih bahasa apa yang akan kita pakai. Kita tinggal pilih saja yang kita mau. Setelah itu...

2. Pilih icon
(Ciptakan Blog Anda) lalu tunggu beberapa saat sampai muncul lembar registrasi.


3. Isi lembar registrasi seperti contoh dibawah ini.
Registrasi

Lengkapi data-datanya mulai dari email dan lain sebagainya. Alamat email anda harus asli, artinya benar-benar email punya anda yang bisa anda buka dan operasikan. Ini digunakan untuk membuka email verifikasi dari blogger yang merupakan syarat utama.
Setelah selesai teruskan ke langkah selanjutnya.

4. Beri nama dan alamat blog anda pada halaman di bawah ini.

Blog's name


Setelah itu klik lanjutkan..
5. Pilih template yang sesuai dengan blog anda.
Untuk tahap awal memang tema yang disediakan hanya sedikit. Tapi jangan khawatir, banyak sekali situs yang menyediakan template - template gratis yang bisa anda pilih.
6. Selesai...

Untuk tahap ini saya anggap selesai. Selanjutnya anda tinggal mendandani blog anda.
Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Sumber gambar : http://www.squidoo.com/

No comments:

Post a Comment